This awesome blogger theme comes under a Creative Commons license. They are free of charge to use as a theme for your blog and you can make changes to the templates to suit your needs.
RSS

Anak Pelihara Hewan Ajarkan Tanggung Jawab

MANUSIA DAN TANGGUNG JAWAB
31/01/2011 08:44 | Ohio
Liputan6.com, Ohio: Tidak ada yang lebih menawan saat melihat anak-anak dan hewan peliharaan mereka. Merawat hewan peliharaan dapat mengajarkan anak bagaimana berkomunikasi dengan menggunakan bahasa tubuh dan vokalisasi, mempelajari keinginan dan kebutuhan, serta belajar tanggung jawab.


"Merawat makhluk hidup di luar dirinya memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk mengapresiasi secara alami dan meningkatkan aktivitas fisik. Selain itu, ketika ditangani dengan hati-hati, anak mengembangkan kestabilan emosi yang lebih besar dengan mengurus hewan peliharaannya dalam eadaan yang tidak menyenangkan seperti sakit, kecelakaan, atau bahkan kematian," kata dokter hewan Warren Riggle dalam situs sixtysecondparent, Senin (31/1).



Lulusan Ohio State University College of Veterinary Medicine ini mengatakan, hewan peliharaan juga meringankan stres dalam masa-masa sulit, membantu anak-anak berpikiran tenang ketika mereka sakit atau berhadapan dengan tantangan.



Menurut Riggle, rasa cinta, kesetiaan, dan kasih sayang merupakan kebutuhan dasar untuk anak Anda dan peliharaannya. Memiliki binatang peliharaan membantu anak mengembangkan rasa tanggung jawab. Memelihara binatang juga bermanfaat untuk manusia karena adanya perasaan positif tentang hewan peliharaan sehingga memberikan kontribusi kepercayaan diri anak-dan harga diri.



"Jika Anda tidak siap untuk tanggung jawab atas seorang anak kucing atau anak anjing, ada banyak pilihan lain. Ikan, hamster, marmut, dan parkit dapat menjadi pilihan hewan peliharan pertama," ujarnya.



Dengan memelihara hewan, lanjut Riggle, anak-anak belajar untuk memberikan makanan, minuman dan lingkungan yang bersih kepada hewan peliharaan mereka."Ini pelajaran yang sangat berharga dalam hubungan sosial seperti anak tumbuh dan berinteraksi dengan orang lain," imbuhnya.



"Merawat hewan peliharaan bukanlah naluri. Anak-anak perlu diajarkan cara merawat hewan peliharaan mereka dengan mengamati perilaku orangtua mereka," pungkasnya.



Namun orangtua harus tetap waspada dengan memastikan hewan peliharaan mereka itu sehat dan terawat setiap saat. (MEL)



Kesimpulan:
anggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatannya yang disengaja maupun tidak disengaja.

Seseorang mau bertanggung jawab karena ada kesadaran atau keinsafan, atau pengertian atas segala perbuatan dan akibatnya atas kepentingan pihak lain. Timbulnya tanggung jawab itu karena manusia itu hidup bermasyarakat, dan hidup dalam lingkungan alam. Manusia tidak boleh berbuat semaunya terhadap manusia lain dan terhadap alam lingkungannya.

Tanggung jawab itu bersifat kodrati, artinya sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia, dan setiap manusia pasti dibebani dengan tanggung jawab.

Tanggung jawab adalah ciri manusia beradab (berbudaya). Manusia merasa bertanggung jawab karena ia menyadari akibat baik atau buruk dari perbuatannya itu.

Sumber:

0 komentar:

Posting Komentar